HUKUM ACARA PERDATA DUA SURAT GUGATAN

HUKUM ACARA PERDATA
DUA SURAT GUGATAN

O l e h ;

KHARISMA RATUPRIMA SEMADARIA
( E 0008052 )

FAKULTAS HUKUM
UNIVERSITAS SEBELAS MARET
SURAKARTA
2010
SURAT GUGATAN

KASUS POSISI

Pada tanggal 6 April 2005, ZEIN PATRADINATA yang beralamat di Jl. Durian 13 Perum Indah Raya 7 Rt. 02 / Rw. 11 Kelurahan Karangasem, Kecamatan Colomadu, Surakarta meminjam uang kepada RAIZA HANUM yang beralamat di Jl. Mawar 18 Rt. 04 / Rw. 9 Fajar Indah Surakarta sebesar Rp. 10.000.000,00 (sepuluh juta rupiah), dan RAIZA HANUM berjanji akan membayar selambat-lambatnya pada tanggal 1 September 2005. Namun sampai batas waktu yang telah disepakati, RAIZA HANUM ternyata belum mengembalikannya, dan atas kelalaian itu, ZEIN PATRADINATA telah melakukan teguran-teguran secara lisan terhadap RAIZA HANUM Tetapi, yang bersangkutan tidak mengindahkannya, dan atas dasar-dasar tersebut maka ZEIN PATRADINATA didampingi kuasa hukumnya KHARISMA RATUPRIMA SEMADARIA, S.H., mengajukan gugatan terhadap RAIZA HANUM ke Pengadilan Negeri Surakarta.

Hal : Gugatan Wanprestasi Surakarta, 24Januari2006

Kepada
Yth. Ketua Pengadilan Negeri
Surakarta
Di
SURAKARTA

Dengan Hormat,
Ijinkanlah yang bertanda tangan dibawah ini, saya :
KHARISMA RATUPRIMA SEMADARIA, S.H.
Advokat / Konsultan Hukum yang beralamat Kantor di Perum Jaya Abadi Gang 6 Nomor 3 Rt. 06 / Rw. 13, Jajar Baru, Kecamatan Laweyan, Surakarta.
Berdasarkan Surat Kuasa Khusus tertanggal : 7 Januari 2006 ( terlampir ), bertindak untuk dan atas nama Pemberi Kuasa / Klien kami :
- ZEIN PATRADINATA, pekerjaan wiraswasta, yang beralamat di Jl. Mawar 18 Rt. 04 / Rw. 9 Fajar Indah Surakarta.
Untuk selanjutnya mohon disebut sebagai . . . . . . . . . . . . . . PENGGUGAT.

Dengan ini mengajukan gugatan ke Pengadilan Negeri Surakarta, terhadap :
RAIZA HANUM, pekerjaan wiraswasta, yang beralamat di Jl. Durian 13 Perum Indah Raya 7 Rt. 02 / Rw. 11 Kelurahan Karangasem, Kecamatan Colomadu, Surakarta.
Untuk selanjutnya mohon disebut sebagai. . . . . . . . . . . . . . . . TERGUGAT.

Adapun Gugatan ini diajukan dengan dasar-dasar sebagai berikut :
1. Bahwa pada tanggal 6 April 2005, Tergugat telah meminjam uang kepada Penggugat sebesar Rp. 10.000.000, 00 (sepuluh juta rupiah), seperti yang terbukti dari kwitansi tanda penerimaan yang tertanggal 6 April 2005 (vide bukti p-1, fotokopi terlampir)

2. Bahwa dalam kwitansi tersebut diatas, Tergugat telah berjanji untuk membayar kembali kepada Penggugat selambat-lambatnya pada tanggal 1 September 2005.

3. Bahwa ternyata sampai batas waktu yang telah ditentukan diatas, Tergugat tidak mau melakukan kewajibannya untuk membayar lunas atas uang yang telah dipinjamnya dari Penggugat.

4. Bahwa atas kelalaian Tergugat tersebut, oleh Penggugat telah dilakukan teguran-teguran secara lisan terhadapnya, akan tetapi tergugat tidak mengindahkannya.

5. Bahwa atas perbuatan Tergugat yang telah cedera janji tersebut, sudah jelas sekali sangat merugikan Penggugat.

6. Bahwa Penggugat mempunyai sangka yang beralasan terhadap itikad buruk Tergugat untuk mengalihkan, memindahkan, atau mengasingkan harta kekayaannya, baik yang berupa barang-barang bergerak maupun yang tidak bergerak, antara lain berupa sebidang tanah berikut bangunan rumah, yang terletak di di Jl. Durian 13 Perum Indah Raya 7 Rt. 02 / Rw. 11 Kelurahan Karangasem, Kecamatan Colomadu, Surakarta, mohon untuk terlebih dahulu agar Pengadilan Negeri Surakarta berkenan meletakkan sita jaminan (conservatoir beslag) terhadap barang-barang milik Tergugat tersebut diatas.

Maka, berdasarkan hal tersebut diatas, kami mohon kepada Yang Terhormat Ketua Pengadilan Negeri Surakarta berkenan memanggil, memeriksa pihak-pihak yang bersangkutan, serta memberikan / menjatuhkan putusan sebagai berikut :

P R I M A I R :
1. Menyatakan sah dan berharga sita jaminan tersebut diatas.

2. Menghukum Tergugat untuk membayar utangnya sebesar Rp. 10.000.000,00 (sepuluh juta rupiah) kepada Penggugat seketika dan sekaligus.

3. Menghukum tergugat untuk membayar biaya perkara ini.

4. Menyatakan putusan ini dapat dijalankan terlebih dahulu meskipun timbul Verzet, Banding, dan Kasasi.

S U B S I D A I R :

- Dalam peradilan yang baik, mohon keadilan yang seadil-adilnya.

Demikian gugatan yang dapat kami ajukan, semoga dapat terkabulkan dan atas terkabulnya gugatan ini kami ucapkan banyak terima kasih.

Hormat Saya
Kuasa Hukum Penggugat

KHARISMA RATUPRIMA SEMADARIA, S.H.

KASUS POSISI

Di Dusun Gentan RT01 /02 Desa Pule Kecamatan Jatisrono Kab.Wonogiri pernah hidup seorang laki-laki bernama Bapak MADERI , yang pada tahun 2000 telah meninggal dunia, mempunyai seorang istri bernama Ibu SALLIYEM yang pada tahun 2002 telah meninggal dunia pula. Mereka mempunyai dua orang anak bernama MUYATNO. Pasangan MADERI dan SALLIYEM ini mempunyai harta peninggalan berupa sebidang tanah seluas 200 m2, serta bangunan rumah diatasnya dengan batas-batas sebagai berikut : sebelah utara berbatasan dengan rumah milik WAHYO, sebelah timur berbatasan dengan rumah PAIMIN, sebelah selatan berbatasan dengan kebun, dan sebelah barat berbatasan dengan Masjid Al Barokah. Sewaktu MADERI dan SALLIYEM masih hidup, menumpang tinggal pasangan suami istri WAHYU dan AMBAR dirumah tersebut. Namun, setelah MADERI dan SALLIYEM meninggal dunia, rumah tersebut dikuasai/dihuni/ditempati oleh pasangan WAHYU dan AMBAR berta anaknya. Hal inilah yang membuat MUYATNO dengan didampingi oleh kuasa hukumnya KHARISMA RATUPRIMA SEMADARIA, S.H. Advokat, mengajukan gugatan ke Pengadilan Negari Wonogiri untuk mendapatkan kembali hak warisnya tersebut.

Hal : Gugatan Warisan Surakarta , 10 November 2008

Kepada
Yth. Ketua Pengadilan Negeri Wonogiri
Di Wonogiri

Dengan Hormat,
Ijinkanlah yang bertanda tangan dibawah ini, saya :
Nama : KHARISMA RATUPRIMA SEMADARIA ,S.H.
Pekerjaan : Advokat / konsultan hukum
Alamat : Jl.Petoran No 6 Kec.Jebres , Surakarta
Berdasarkan Surat Kuasa Khusus tertanggal : 20 Oktober 2008 ( terlampir ), bertindak untuk dan atas nama Pemberi Kuasa / Klien kami :
Nama : MUYATNO
Pekerjaan : PNS Pemda
Alamat : Jl.Ahmad Yani No 24 Kec. Selogiri , Wonogiri
Untuk selanjutnya mohon disebut sebagai . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .PENGGUGAT
Dengan ini mengajukan gugatan ke Pengadilan Negeri Wonogiri, terhadap :
1. Nama : WAHYU
Alamat : Gentan RT 01 /02 Desa Pule Kec.Jatisrono,Kab. Wonogiri
Untuk selanjutnya mohon disebut sebagai . . . . . . . . . . . . . . . . . .TERGUGAT 1
2. Nama : AMBAR
Alamat : Gentan RT 01 /02 Desa Pule Kec.Jatisrono,Kab. Wonogiri
Untuk selanjutnya mohon disebut sebagai . . . . . . . . . . . . . . . . .TERGUGAT II

- Selanjutnya Tergugat I dan II diatas, mohon juga disebut . . . . PARA TERGUGAT.

Adapun Gugatan ini diajukan dengan dasar-dasar sebagu berikut :
1) Bahwa di Dusun Gentan RT01 /02 Desa Pule Kecamatan Jatisrono Kab.Wonogiri pernah hidup seorang laki-laki bernama Bapak MADERI , yang pada tahun 2000 telah meninggal dunia, mempunyai seorang istri bernama Ibu SALLIYEM yang pada tahun 2002 telah meninggal dunia pula. Mereka mempunyai seorang anak bernama MUYATNO ( Penggugat ) .
2. Bahwa pada semasa hidup , almarhum suami istri Bapak MADERI dan SALLIYEM, selain meninggalkan seorang anak laki- laki, almarhum juga meninggalkan harta peninggalan/harta warisan berupa sebidang tanah seluas 200 m2 serta bangunan rumah yang ada diatasnya , dengan batas-batas sebagai berikut :
- Sebelah utara : Rumah milik WAHYO.
- Sebelah timur : Rumah PAIMIN
- Sebelah selatan : berbatasan dengan kebun singkong
- Sebelah barat : Masjid Al Barokah
Selanjutnya sebidang tanah dan bangunan rumah diatasnya (posita 2) gugatan diatas, mohon disebut sebagai . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . OBYEK SENGKETA.
3. Bahwa objek sengketa diatas jelas telah sah menjadi hak milik almarhum suami istri Bapak MADERI dan SALLIYEM dengan diperkuat bukti SERTIFIKAT kepemilikan hak milik atas Bumi dan bangunan .
4. Bahwa secara keseluruhan harta peninggalan / harta warisan almarhum Bapak MADERI dan SALLIYEM seperti yang terurai diatas, hingga saat ini masih utuh dan belum pernah dibagi waris kepada semua ahli waris yang berhak.
5. Bahwa sewaktu almarhum Bapak MADERI dan SALLIYEM masih hidup, para Tergugat menumpang untuk tinggal dirumah dan tanah obyek sengketa tersebut bersama dengan almarhum Bapak MADERI dan SALLIYEM
Namun setelah Bapak MADERI dan SALLIYEM. meninggal dunia, obyek sengketa tersebut hingga kini masih tetap dikuasai/dihuni/ditempati oleh Para Tergugat serta anaknya dengan tanpa dasar dan alas hak yang sah menurut hukum, walaupun telah berulang kali diminta oleh Penggugat sebagai ahli waris Bapak MADERI dan SALLIYEM tetapi Para Tergugat tetap tidak mau menyerahkan kepada Penggugat, malah Para Tergugat mengatakan Penggugat tidak berhak atas harta peninggalan tersebut. Maka oleh karena itu tindakan / perbuatan Para Tergugat menguasai/menghuni/menempati obyek sengketa, harus dinyatakan tidak sah / tidak benar dan merupakan suatu perbuatan melawan hukum.
6. Bahwa demi untuk menjamin keselamatan harta peninggalan tersebut karena dikhawatirkan akan dipindahtangankan oleh para tergugat kepada pihak lain, dengan ini, Penggugat mohon kepada Pengadilan Negeri Wonogiri agar meletakkan sita jaminan ( conservatoir beslag ) atas obyek sengketa tersebut diatas .
Berdasarakan hal- hal tersebut diatas, kami mohon kepada Yang Terhormat Ketua Pengadilan Negeri Surakarta berkenan memanggil, memeriksa pihak-pihak yang bersangkutan, serta memberikan / menjatuhkan putusan sebagai berikut :

PRIMAIR :
1. Menerima dan mengabulkan gugatan para penggugat untuk seluruhnya.

2. Menyatakan menurut hukum, Bapak MADERI dan SALLIYEM telah meninggal dunia dan mempunyai seorang anak laki- laki kandung yaitu MUYATNO.

3. Menyatakan menurut hukum MUYATNO. Adalah ahli waris Bapak MADERI dan SALLIYEM

4. Menyatakan menurut hukum tindakan Para Tergugat menguasai, menghak-i, dan menghuni atau menempati obyek sengeta adalah tidak benar dan tidak sah dan beritikad tidak baik serta merupakan perbuatan melawan hukum.

5. Menyatakan menurut hukum, harta peninggalan / harta warisan milik Bapak MADERI dan SALLIYEM yang berupa tanah dan bangunan rumah (Obyek Sengketa) hingga saat ini masih utuh dan belum pernah dibagi waris kepada siapapun.

6. Menghukum para Tergugat untuk menyerahkan obyek sengketa yang menjadi hak Penggugat tanpa syarat apapun.

7. Menyatakan menurut hukum, apabila terbit segala macam bentuk surat / akta tentang perpindahan hak atas tanah dan rumah obyek sengketa tersebut, dengan segala akibatnya adalah cacat hukum, tidak sah, dan tidak berkekuatan hukum / batal demi hukum.

8. Menghukum Para Tergugat untuk membayar ganti rugi sebesar Rp. 5.000.000,00 (lima juta rupiah) pertahun kepada Penggugat, terhitung mulai Bapak MADERI meninggal dunia.
9. Menghukum Para Tergugat untuk membayar uang paksa sebesar Rp. 100.000,00 (dua ratus ribu rupiah) perhari kepada Penggugat atas keterlambatan menyerahkan rumah dan tanah obyek sengketa tersebut kepada Penggugat terhitung sejak putusan perkara ini berkekuatan hukum tetap.
10. Menyatakan menurut hukum, putusan ini dapat dilaksanakan terlebih dahulu meskipun ada upaya hukum lain, yakni Verset, Banding dan Kasasi.
11. Menghukum dan memerintahkan kepada Para Tergugat, untuk membayar segala / semua biaya perkara yang timbul dalam perkara ini .

S U B S I D A I R :

- Mengadili dan memberikan putusan yang seadil-adilnya berdasarkan hukum dan keadilan.

Demikian gugatan yang dapat kami ajukan, semoga dapat terkabulkan dan atas terkabulnya gugatan ini kami ucapkan banyak terima kasih.

Hormat Saya
Kuasa Hukum Penggugat

KHARISMA RATUPRIMA SEMADARIA ,S.H.

Published in: on Juni 17, 2010 at 05:07  Tinggalkan sebuah Komentar  

The URI to TrackBack this entry is: http://thatsmekrs.wordpress.com/2010/06/17/hukum-acara-perdata-dua-surat-gugatan/trackback/

Umpan RSS untuk komentar-komentar pada tulisan ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: